Oktober 28, 2011

proposal petani

Assalamualaikum by. Budi Sulistyawan. SP Email. Sulistbudy@yahoo.com
PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN HAND TRAKTOR
DESA PRIGI KECAMATAN KEBONAGUNG
KABUPATEN DEMAK

































KELOMPOK TANI SARI BUMI
DESA PRIGI KEC. KEBONAGUNG KAB. DEMAK
TAHUN 2011

KELOMPOK TANI SARI BUMI
DESA PRIGI KEC. KEBONAGUNG KAB. DEMAK


Nomor :
Lamp : 1 (satu) bendel proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Hand Traktor

Kepada Yth.
GUBENUR JAWA TENGAH
Di-
SEMARANG


Dengan hormat,
Bersama ini kami sampaikan bahwa Kelompok Tani Sari Bumi Desa Prigi Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak memiliki potensi yang cukup besar dalam mendukung produksi pangan terutama produksi padi. Namun yang salah satu yang menjadi kendala adalah belum cukupnya sarana prasarana pengolahan tanah yang memadai. Sehingga pada kesempatan ini kami mengajukan bantuan hand traktor untuk dikelola secara kelompok agar anggota Kelompok Tani dapat meningkatkan taraf hidupnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian atas perkenan Bapak kami sampaikan terima kasih.



Kepala Desa Tridonorejo





Puji Utomo
Kebonagung, Oktober 2011
Ketua Kelompok Tani





A Daenuri

Mengetahui,
PLt. Kepala Bappeluh dan KP
Kabupaten Demak




Dra.TRI WAHYU HAPSARI, MM
NIP. 19580715 198503 2 004


Koordinator Penyuluh Pertanian
Kecamatan Kebonagung




BISRI, SP
NIP. .



PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Saat ini dunia pertanian Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan. Jumlah penduduk yang bertambah dengan cepat berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan pangan yang harus disediakan oleh dunia pertanian. Pada saat yang sama sumber-sumber produktivitas pertanian kita semakin menurun. Seperti sulitnya mendapatkan bibit unggul, semakin berkurangnya infrastruktur irigasi yang memadai, meningkatnya konversi lahan pertanian menjadi non pertanian, kurang tersedianya peralatan dan teknologi pertanian yang cukup, dan langkanya sumberdaya manusia terdidik yang mau menekuni dunia pertanian
Dewasa ini pemerintah sedang menggalakkan program pengembangan bidang pertanian yaitu mengubah pertanian tradisional menjadi pertanian modern yang bertumpu kepada kebutuhan usaha komersial yang berorientasi pada bisnis. Prioritas program pembangunan akan diarahkan untuk mempertahankan swasembada yang sudah dicapai (beras, jagung, gula konsumsi, telur dan daging unggas) dan akan terus memacu produksi kedelai, gula industri, dan daging sapi agar tercapai swasembada pada akhir 2014. Hal ini tentunya harus didukung dengan teknologi yang mutakhir. Sapta Usaha Tani/Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Tanaman padi merupakan suatu teknologi yang diciptakan agar pertanian dapat meningkatkan produktifitas padi yang akhir-akhir ini mengalami stagnasi.
Salah satu komponen Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Tanaman padi dalam meningkatkan produksi adalah pengolahan tanah yang baik. Pengolahan tanah yang baik akan mendukung dalam menciptakan kondisi kesuburan lahan yang tentunya dengan kesuburan lahan ini membuat tanamam padi dapat berproduksi secara optimal. Sehingga dengan meningkatkan produktifitas ini akan meningkatkan skala produksi. Adapun kendala yang dihadapi adalah kurangnya tenaga kerja dalam pengolahan tanah sehingga diperlukan mekanisasi pertanian.

Hand traktor merupakan Alsintan yang dapat membantu dalam kegiatan pengolahan tanah (mekanisasi pertanian). Selain pengolahan tanah dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat dengan hasil yang baik sekaligus menjadi solusi untuk masalah kurangnya tenaga kerja dibidang pertanian terutama penghematan tenaga kerja dalam pengolahan tanah.

B. TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai adalah :
1. Meningkatkan produktifitas tanaman padi.
2. Meningkatkan pendapatan keluarga sehingga taraf hidup meningkat.
3. Ikut mendukung tercapainya Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) dalam mendukung swasembada beras.
4. Menggerakkan kelembagaan kelompok tani.

C. MANFAAT
1. Menghemat tenaga kerja pengolahan tanah.
2. Menghemat waktu pengolahan tanah.
3. Sebagai pemecahan masalah kurangnya tenaga kerja bidang pertanian dengan mekanisasi pertanian.
4. Dapat menjadi unit usaha kelompok tani dalam kegiatan menyewakan traktor.
5. Terwujudnya swasembada beras berkelanjutan

D. SASARAN
Kelompok Tani Sari Bumi Desa Prigi Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak dengan areal luas lahan sawah seluas 60 Ha dengan Jumlah anggota sebanyak 76 orang. Komoditas yang dibudidayakan antara lain: Padi, Kacang Hijau dan Jagung.



E. PEMBIAYAAN
Pembelian Hand Traktor 1 (dua) buah @ Rp. 18.500.000,- = Rp. 18.500.000,- (Terbilang: Delapan belas juta lima ratus ribu rupiah)

F. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat sebagai bahan pertimbangan agar permohonan kami dapat dipenuhi sehingga apa yang menjadi permasalahan kami dapat segera mendapatkan pemecahannya. Semoga proposal ini dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pembangunan pertanian.



Kepala Desa Tridonorejo
Ketua Kelompok Tani
Rogo Asih




Suharto

Demak, Oktober 2011

Sekretaris Kelompok Tani
Rogo Asih




Suparji
Mengetahui,
Kepala Desa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cari Blog Ini

Memuat...

Pengikut